Kamis, 04 September 2014

TIPS PENGAMBILAN FOTO MACRO DENGAN KAMERA HP

Lensa Macro
Pastikan lensa anda tertempel sempurna di belakang lensa hp anda. Pastikan juga lensa bersih dari debu, minyak, atau kotoran-kotoran yang lain. Jika lensa anda kotor, bersihkan.

Settingan pada Kamera Hp
Atur focus pada mode infinite, atau kalau hp anda tidak mempunyai fitur infinite, bisa memakai mode landscape. Intinya matikan mode auto focus pada hp anda.
Untuk metering mode, pilih mode spot. Agar pencahayaan bisa terpusat ke area yang dituju saja (abaikan metering mode jika hp anda tidak mendukung fitur ini).
Setting resolusi kamera anda pada resolusi tertinggi. Ini berguna saat anda melakukan edit cropping. Hasil foto tidak akan pecah waktu dicropp.

Pencarian Focus
Inti foto macro adalah detil focus. Karena kita sudah memakai lensa macro, maka untuk mendapatkan focus yang tepat kita dapat mencarinya dengan mengatur jarak ke objek. Lensa macro mempunyai jarak titik focus tertentu. Carilah titik focus tersebut dengan memaju mundurkan hp. Dengan memaju mundurkan hp ini, bisa ditemukan titik focus yang tepat.
Inilah fungsi setting mode infinite pada hp. Fokus ditentukan dengan mengatur jarak dengan objek. Jika focus sudah didapatkan, pencet sutter kamera hp anda. Mudah bukan?

Pencahayaan
Pastikan pencahayaan ke objek mencukupi
Pencahayaan yang paling pas adalah pencahayaan alami dari cahaya matahari.
Pilih waktu yang tepat, untuk mendapatkan pencahayaan yang pas.
Pencahayaan ini sangat berpengaruh pada hasil akhir foto macro anda.
Jika perlu googling masalah pencahayaan pada fotografi untuk bisa mendapatkan keterangan yang lebih detil.
Kestabilan Tangan
Hindari getaran sedikit apapun pada tangan anda saat memotret. Miss focus atau focus yang meleset adalah malapetaka pada fotografi macro.
Untuk kestabilan tangan bisa diusahakan dengan tips-tips berikut :
Tahan nafas beberapa detik sampai anda memencet sutter kamera hp.
Sandarkan kedua siku atau salah satu siku ke benda2 kokoh di sekitar anda. Bisa tembok, batang pohon, dahan, dan lain-lain. Kedua siku yang bersandar bisa meredam getaran tangan, dan menggantikan fungsi tripod.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar